Cara Cek Tunjangan Sertifikasi Triwulan 2 Sudah di Salurkan

Penerima tunjangan sertifikasi adalah guru yang sudah mempunyai sertifikat pendidik, mengajar 24 jam dan sudah terbit SKTP. Melalui info gtk yang hasil dari entri data dapodik anda bisa cek status tunjangan yang berstatus valid dan belum valid.

Baca juga Dampak Info GTK belum Valid

Setelah cek info gtk dinyatakan valid tunjangan sertifikasi pasti cair. Cara cek tunjangan sudah disalurkan atau belum caranya login di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dengan akun ptk, nuptk atau NIK anda. Setelah bisa login cek kevalidannya dan cek di tunjangan profesi disediakan data anda disalurkan atau belum tunjangan profesinya.

Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu ada kesadaran dan pemahaman dari semua fihak bahwa sertifikasi adalah sarana untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman ini akan melahirkan aktivitas yang benar bahwa apapun yang dilakukan adalah untuk mencapai kualitas.

Contohnya, kalau seorang guru kembali masuk kampus untuk meningkatkan kualifikasi akademiknya, maka belajar kembali ini bertujuan untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga mendapatkan ijazah S-1. Ijazah S-1 bukan tujuan yang harus dicapai dengan segala cara, termasuk cara yang tidak benar melainkan konsekuensi dari telah belajar dan telah mendapatkan tambahan ilmu dan keterampilan baru.

Demikian pula kalau guru mengikuti sertifikasi, tujuan utama bukan untuk mendapatkan tunjangan profesi, melainkan untuk dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memiliki kompetensi sebagaimana disyaratkan dalam standar kompetensi guru. Tunjangan profesi adalah konsekuensi logis yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud. Dengan menyadari hal ini maka guru tidak akan mencari jalan lain guna memperoleh sertifikat profesi kecuali mempersiapkan diri dengan belajar yang benar untuk menghadapi sertifikasi.

Berdasarkan hal tersebut, maka sertifikasi akan membawa dampak positif, yaitu meningkatnya kualitas guru.

Baca juga Cara Cetak SPTJM Dapodik 2019

Segera Isi Mapel PKP di SIM PKB Untuk Diklat 2019

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing