Cara Mengusulkan NUPTK Baru

Usul NUPTK

Melihat status whatshap dan group facebook ternyata masih banyak yang bingung cara mengusulkan atau mendapatkan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK). Kalau saya amati dari berbagai status itu ternyata banyak yang belum paham, apalagi kalau guru itu bukan operator. Memang yang punya akses untuk melihat status dan upload usulan nuptk baru adalah operator.

Banyak sekali problem yang dihadapi guru untuk mendapatkan nuptk ini, salah satunya tentang informasi bagaimana cara yang benar untuk usul nuptk, solusi ditolak nupt dan upload ulang berkasnya.

Guru yang boleh usul nuptk adalah guru yang sudah ada di dapodik dan verval gtk. Jika belum ada ya wassalam alias tidak boleh. Lalu siapa yang bisa cek, yaitu operator sekolah lewat verval ptk. Jika nama anda sudah ada didalam verval ptk dan sudah sebagai calon penerima, maka tugas anda adalah upload syarat nuptk dengan bantuan operator sekolah. Apa saja yang diupload? Scan ktp, ijasah sd sampai sarjana, sk pengangkatan dan sk penugasan lima semester.

SK Pengangkatan ini mulai dari awal sampai terakhir, jika guru non pns dilembaga negeri harus ada sk pengangkatan dari bupati atau kepala dinas. Jika guru tetap yayasan cukup sk ketua yayasan.

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing