Materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Materi SKD

Tes Wawasan Kebangsaan adalah seleksi untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi: Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Rebublik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
Baca juga Pelaksanaan SKD CAT BKN

Tes Intelegensi Umum adalah seleksi untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi adalah seleksi untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Pahami Juga Apa itu Passing Grade Tes SKD

Mengakhiri penjelasannya, Ridwan mengimbau peserta untuk selalu memantau kanal informasi (web dan media sosial) resmi BKN dan/atau sekolah kedinasan. “Tidak ada satu pihak pun yang dapat membantu proses penerimaan ini. Selanjutnya bagi mereka yang menyatakan mengundurkan diri atau tidak melapor setelah dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, akan diberikan sanksi administratif yakni tidak dapat mendaftar di sekolah kedinasan pada tahun 2019”, pungkasnya.
Sumber: WEB BKN

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing