Pelaksanaan SKD CAT BKN 2018

Pelaksanaan SKD CAT BKN

Sesuai dengan Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018, tahapan selanjutnya adalah (1) Seleksi Administrasi oleh sekolah kedinasan, (2) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN, dan (2) Seleksi Lanjutan oleh sekolah kedinasan (dapat berupa tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes psikologi, tes wawancara, dan tes lainnya yang dipersyaratkan).

Khusus untuk pelaksanaan SKD dengan CAT BKN, peserta diwajibkan membayar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) yang disetorkan langsung kepada Bendara Umum Negara melalui mekanisme yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Informasi tentang hal ini akan disampaikan kemudian setelah proses Seleksi Administrasi selesai.

Heri Susilowati, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen, yang dihubungi tim Humas beberapa waktu yang lalu menjelaskan, “dalam pelaksanaan SKD dengan CAT BKN, peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit. Terdapat 3 jenis tes dalam sistem ini, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 35 soal, TIU (Tes Intelegensia Umum) 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal. Ketentuan Passing Grade atau Nilai Ambang Batas diberlakukan sebagai berikut: 75 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 143 untuk TKP. Peserta yang berada di bawah Passing Grade untuk masing-masing jenis tes tidak dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya”.

Sumber: WEB BKN

Comments

comments

One thought on “Pelaksanaan SKD CAT BKN 2018”

Tempat diskusi/sharing