Ajuan PPG DITERIMA dan Langkah Selanjutnya

Setelah ajuan sebagai calon peserta ppg 2019 diterima silahkan pantau halaman sim pkb untuk mendapatkan informasi waktu dan lokasi ujian seleksi. Maksudnya adalah bapak dan ibu guru jangan sampai lupa tidak membuka atau memantau akun sim pkb, karena semua informasi ada pada halaman akun tersebut mulai dari waktu dan lokasi ujian. Setelah tahapan pendaftaran ini selesai tahapan ujian seleksi akan dilaksanakan didaerah masing-masing.

Langkah selanjutnya adalah belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi ppg. Mencari referensi soal dan bertanya pada teman guru yang sudah pernah ikut pretes ppg dan simak batas lulus pretes ppg. Yang tidak kalah penting menurut pengalaman yang sudah adalah lokasi ujian seleksi pretes ppg, saran saya adalah sehari sebelum tes anda cari tempat lokasinya dulu. Jika anda hari itu waktu tes dan baru mencari menurut pengalaman anda bisa telat waktu karena habis untuk mencari tempatnya.

Persyaratan saat ikut pretes ppg anda wajib membawa KTP dan Kartu ujian Peserta PPG yang dicetak di akun sim pkb (Baca Syarat yang harus dibawa pretes ppg). Untuk anda yang saat ini masih menunggu hasil ajuan seleksi calon akademik peserta ppg tahun 2019 dibawah ini tiga kriteria jawaban hasil ajuan.

Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
a. “Diterima” jika bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi pada ijazah S-1/D-IV dan
memiliki SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.

b. “Ditolak” jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak
dimungkinkan adanya perbaikan atau/serta tidak dapat menunjukkan SK dua tahun terakhir sebagai
guru tetap sampai batas waktu verifikasi berakhir. Contoh kasus : Guru dengan kualifikasi akademik S-
1/D-IV Hubungan Internasional tidak linier dengan bidang studi PPG yang tersedia.

c. “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijasah S-1/D-IV tetapi
dimungkinkan adanya perbaikan dan/atau tidak melampirkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.
Contoh kasus: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih bidang studi PPG
Guru Kelas SD, maka agar dapat diterima sebagai peserta seleksi kemampuan akademik, guru harus
memperbaiki pilihan bidang studi PPG menjadi Bahasa Inggris. Perbaikan data ajuan dapat dilakukan
paling lambat 26 Oktober 2019.

Adapun jadwal kegiatan pendaftaran calon peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 30 September 2019 sampai 23 Oktober 2019.

Baca Cara Mendaftar Seleksi Akademik PPG 2019

Untuk verifikasi dan validasi linear ijasah antara bidang studi ppg dengan ijasah S1 dan SK Guru tetap oleh LPMP dilaksanakan tanggal 2 sampai 29 Oktober 2019. Penetapan TUK oleh LPMP Pada tanggal 14 sampai 18 Oktober 2018, serta cetak kartu calon peserta seleksi tanggal 5 sampai 9 November 2019 dan Pelaksanaan Ujian Seleksi kemampuan akademik di TUK Oleh Dirjen GTK Pada tanggal 11 sampai 23 November 2019. Semua jadwal dan kegiatan inilah yang harus anda pantau di halaman SIM PKB jangan sampai terlewatkan.

Semoga langkah selanjutnya setelah anda diterima ajuan ppg mengikuti tes seleksi dan diterima. Pastikan anda mengikuti update berita sim pkb ini, silahkan instal aplikasi website berita khusus guru ini sebagai suplay berita anda. Saat ini tertinggal informasi dan berita anda akan kehilangan kesempatan.

Instal Aplikasi Informasi Seputar Guru

Comments

comments

One thought on “Ajuan PPG DITERIMA dan Langkah Selanjutnya”

Tempat diskusi/sharing