Alur Penerbitan NUPTK bagi guru baru

image

Nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan saat ini sangatlah bermanfaat bagi guru baik pns dan non pns.

Apa itu NUPTK?
NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.
Jika anda belum punya bisa baca juga Mekanisme Penerbitan NUPTK dan Syarat NUPTK

Status NUPTK

Status NUPTK bagi seorang GTK Kemendikbud/Kemenag dapat ditelusuri berdasarkan nomor NUPTK. Arsip NUPTK yang ditampilkan ini merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI. Untuk menelusuri status NUPTK anda, silakan isi nomor NUPTK pada kolom tersedia.
Langsung saja cek di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

PPG dan NUPTK
Ini yang membuat banyak guru galau, gundah dan sedih. Saat daftar PPG belum punya NUPTK, tapi jangan putus asa karena NUPTK bisa diterbitkan setelah anda lolos pretes PPG.

Apa itu PPG?

Tujuan PPG

Wajib daftar PPG

Syarat PPG dalam Jabatan

Terimakasih dan dishare bila bermanfaat

Comments

comments

One thought on “Alur Penerbitan NUPTK bagi guru baru”

Tempat diskusi/sharing