Aplikasi SAPK Tingkatkan Akurasi Data Kepegawaian

Jakarta-Humas BKN, Tujuan dari aplikasi saya SAPK adalah untuk meningkatkan akurasi data kepegawaian. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto di Selama Kepala Biro Kepegawaian dan Staf Teknis seluruh Kementerian / Lembaga Non Kementerian pada Sosialisasi Apliakasi Saya SAPK di Kantor Pusat BKN Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Iwan Hermanto meyakinkan bahwa pentingnya data yang baik dan akurat untuk layanan kepegawaian yang lebih cepat. “Dengan data yang baik dan akurat, layanan kepegawaian pasti akan jauh lebih cepat,” ujar Iwan Hermanto. Pihaknya juga mengakui bahwa lamanya waktu penyelesaian administrasi kepegawaian yang acap kali masih terjadi. Hal tersebut menurutnya disebabkan karena proses sinkronisasi data yang memerlukan waktu. “Penetapan SK pensiun misalnya, yang lama bukan pada proses penetapnnya, akan tetapi singkronisasi datanya,” jelasnya.

Untuk Surat Keputusan (SK) Pensiun saja misalnya, Iwan Hermanto menyampaikan bahwa saat ini ditengarai masih banyak instansi mencetak SK tidak menggunakan SAPK. “Masih ada instansi yang mencetak SK Pensiun dengan sistem lain, atau malah pakai manual,” terang Iwan. Dampaknya, menurut Iwan dengan tidak dicetak melalui SAPK, maka administrasi tidak ter-record oleh sistem. “Sehingga nampak pada SAPK, beberapa Pertek pensiun yang sudah diterbitkan BKN akan tetapi SK pensiun belum terbit. Ini salah satu saja contoh penyebab data tidak akurat,”

Dalam kesempatan itu Iwan Hermanto mengajak para Pengelola kepegawaian Instansi untuk bersama-sama membangun data kepegawaian yang baik dan akurat. Hal tersebut menurut Iwan Hermanto, selain untuk menentukan kebijakan pembinaan PNS yang tepat juga dapat berdampak pada pelayanan. “Dengan data akurat, kita pasti bisa meningkatkan pelayanan,” tandas Iwan Hermanto.

My SAPK merupakan salah satu inovasi BKN untuk menjawab tuntutan revolusi teknologi 4.0. Aplikasi My SAPK. Aplikasi ini merupakan aplikasi android based. PNS secara mandiri sudah dapat mengaksesnya dengan terlebih dahulu mengunduh melalui android apps di Google play. 
Silahkan download di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nudi.bkn.sapk
Sumber: http://www.bkn.go.id/berita/aplikasi-my-sapk-tingkatkan-akurasi-data-kepegawaian

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing