Membaca Perjalanan NUPTK

Kartu NUPTK

Nomor NUPTK dulu tidak sebuming saat ini, nomor nuptk dulu diberikan pada pns dan guru yang sudah ada atau terdaftar pada suatu lembaga. Ini berdasar perjalanan yang saya ketahui loch ya. Nomor nuptk juga tidak terlalu penting saat itu baik pns maupun non pns. Pertama kali nomor ini digunakan saat sertifikasi portofolio guru pns. Nach pada baru bingung tentang nuptk guru pns juga ada yang belum punya nuptk dan double counting.

Seiring berjalan pengusulan nuptk secara manual dikoordinasi oleh uptd kecamatan dan dilanjutkan pada Dinas Pendidikan Kabupaten. Secara manual saat itu cara mengajukannya, sama saja ada yang keluar dan tidak keluar. Seingat saya tahun 2009 ditutup untuk pengajuan nomor unik ini sampai terdengar ada pengajuan lagi lewat Padamu Negeri dan Simpatika secara online.

Hasil NUPTK dari online Padamu Negeri digabung dengan hasil Dapodik dan sampai saat ini ada laman verval ptk. Nach sekarang lewat online verval ptk inilah guru bisa mengusulkan nuptk dengan syarat yang telah ditentukan baik pns maupun non pns.

Baca juga Alur Mendapatkan NUPTK

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing