NUPTK dan Permasalahannya

image

Guru GTT maupun GTY tidak akan tenang bila belum punya nuptk. NUPTK pun diketahui manfaatnya bila ada pengajuan insentif atau program pendidikan, dari sinilah mulai berpikir caranya bagaimana mendapatkan NUPTK.

Akhirnya cari di goegle “syarat mendapatkan NUPTK”. Banyak sekali penjelasan yang dijabarkan tanpa ada pengalaman dan mungkin belum pernah mengalaminya sendiri. Dibawah ini akan coba saya beri gambaran cara mendapatkan NUPTK Tahun 2017, mengapa saya saya tulis tahun 2017 karena bisa tahun depan berubah aturannya. Oke simak dan pahami lalu analisa dan praktekkan bagi yang berkepentingan.

Langkahnya adalah :
1. Tanya pada operator dapodik karena untuk mengetahui sudah bolehkah kita mengusulkan NUPTK adalah lewat Verval PTK dan yang bisa login adalah operator dengan user dan kata sandinya. inilah yang jarang diketahui.

  1. Setelah minta tolong pada operator untuk membuka Verval PTK anda lihat status anda kalau sudah ada keterangan “calon penerima nuptk” anda bisa separuh bernapas lega…hmmmm…
    Alamat Web Verval PTK
    https://sso.data.kemdikbud.go.id

  2. Didalam data anda yang tercantum di Verval PTK pasti ada unggah data meliputi ijasah, ktp, foto, sk pertama dan sk pembagian tugas.

  3. Upload data yang diminta untuk diunggah tadi…minta tolong sama operator.

  4. Mengapa saya tadi bilang separuh bernapas lega??? karena ada perbedaan antara naungan Lembaga Negeri dan Swasta.

  5. Kalau GTY dibawah naungan Swasta cukup dengan SK Yayasan, beda dengan dibawah naungan Lembaga Negeri SK harus Bupati atau Walikota…inilah yang menjadi permasalahannya selama ini.

Cukup disini dulu saya menulisnya nanti saya lanjutkan setelah upload berkas apa yang saya lakukan…masih ada Aprove Dinas dan Aprove Pusat…oke semoga ada manfaat…silahkan tinggalkan pertanyaan…mungkin saya bisa jawab.

Baca juga

Cara Mendapatkan NUPTK Aprove Dinas

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing