Pastikan Data Anda Terupdate Dengan Dapodik

Akhir-akhir ini operator dan guru disibukan dengan SIM PKB dan info gtk. SIM PKB untuk guru yang ingin daftar pretes ppg dan info gtk untuk validasi tunjangan sertifikat pendidik.

Dari semua kegiatan itu intinya dalam pengisian Dapodik sudah benar maka semua data juga akan benar. Karena semua data diimpor dari dapodik baik data guru maupun siswa.

Untuk info gtk ada yang belum valid tapi sudah terbit SKTP, intinya info gtk Cek status datanya sudah diterbitkan atau di usulkan oleh operator dinas. Terkait login info gtk yang susah memang semua perlu proses, karena masa transisi login yang dulu cukup menggunakan nuptk sekarang menggunakan akun ptk yang dibuat oleh operator sekolah. Masalahnya banyak akun ptk ini yang baru dibuat, jadi tidak langsung bisa berfungsi karena harus sinkron dapodiknya dahulu baru bisa digunakan. Fungsi akun ptk ini sangat banyak sekali mulai dari edit data di aplikasi dapodik, login info gtk, login pmp, login siplah untuk KS dan Bendahara.

Untuk SIM PKB saat ini masa transisi valid data, menurut saya tidak bisa langsung beres seratus persen, bayangkan berapa juta jumlah guru Indonesia. Ada yang sudah last update Ada yang juga belum. Itu semua pasti untuk kevalidan data guru dan untuk kepentingan yang akan akan datang seperti diklat pkp dan zonasi guru.

Mungkin gambaran diatas bisa membantu bapak dan ibu guru. Konsultan guru online tempat tanya jawab bapak dan ibu guru, silahkan chat whatshap di Admin Guru Online

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing