pembukaan Kongres ke- 36 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Bogor, Jawa Barat,

image

Indonesia adalah negara yang besar dan rakyatnya akan selalu bersatu, menurut Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam sambutannya saat pembukaan Kongres ke- 36 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9) / 14).

“Indonesia adalah negara yang sangat besar. Jika Anda pergi dari bagian barat negara ke timur, dari utara ke selatan, Anda akan tahu bahwa negara ini adalah negara besar, ”kata Presiden Jokowi, menambahkan bahwa ia telah terbang dari Banda Aceh langsung ke Wamena di Papua , mengambil 9 jam 15 menit.

image

Presiden melanjutkan dengan mengatakan bahwa Indonesia diberkati dengan berbagai adat istiadat, tradisi, agama dan bahasa daerah, dan memiliki 714 etnis dengan lebih dari 1100 bahasa daerah. Menurutnya, pemilihan lokal dan nasional tidak boleh memecah belah bangsa. Semua orang, lanjut Presiden, bebas memilih para Wali Kota, Bupati, Gubernur atau Presiden sesuai dengan preferensinya; namun setelah pemilihan, semua orang harus tetap bersatu.

“(Konflik) sangat berbahaya bagi negara ini, karena aset terbesar bangsa adalah persatuan, persaudaraan dan harmoni,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga mencontohkan bahwa selama Asian Games 2018 yang baru-baru ini berakhir, semua orang mendukung pencak silat atau atlet bulutangkis tanpa mempertanyakan agama, etnis atau bahasa setempat para atlet.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. (MEI / AGG / ES) (RI / EP / Naster)
Sumber: http://setkab.go.id/en/indonesias-biggest-assets-are-unity-brotherhood-harmony-president-jokowi/

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing