Pengertian Status Belum Lulus Seleksi PPG 2019

Dalam minggu terakhir ini banyak sekali bapak dan ibu guru yang membuka akun SIM PKB. Karena ada pendaftaran seleksi calon peserta akademik ppg tahun 2019 dengan vaslidasi dari sistem SIM PKB. Tanda centang hijau valid dan tanda silang merah belum valid. Jika ada satu tanda silang merah bisa dipastikan bapak dan ibu guru belum bisa melanjutkan mendaftar calon peserta seleksi akademik ppg tahun 2019.

Kembali permasalahan yang kita bahas adalah tentang status belum lulus seleksi akademik dan disampingnya ada centang hijau yang berarti memenuhi prasyaratan. Artinya status itu adalah yang boleh mendaftar adalah guru yang belum pernah lulus pretes sebelumnya. Anda bisa cek dengan nomor ukg anda di sergur.id

Masukan nomor ukg anda pasti ada hasil keterangannya. Jika sudah pernah pretes ppg dan lolos maka muncul silang merah, karena sudah pernah lolos pretes tidak diperbolehkan mengikuti pretes lagi, termasuk guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Dari syarat validasi pendaftaran seleksi akademik calon peserta ppg ini yang belum beruntung adalah guru honor sekolah, karena status kepegawaiannya belum lolos verifikasi sistem. Beda dengan guru honor daerah dan gty, guru honor daerah bisa menggunakan sk kepala dinas, bupati atau gubernur selama dua tahun terakhir untuk syaratnya. Jika guru gty cukup sk yayasan selama dua tahun terakhir.

Sebenarnya sudah banyak guru gtt di lembaga negeri yang sudah mempunyai sk kepala dinas maupun bupati, karena terganjal pengisian di dapodik yang masih berstatus guru honor sekolah akhirnya muncul silang merah. Memang pada waktu pengisian di dapodik yang paling memungkinkan adalah di isi guru honor sekolah. Mungkin ada kebijakan baru untuk kedepannya bagi guru gtt agar menjadi guru honor daerah tingkat dua dan bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan.

Setelah lolos diklat dalam jabatan dan menerima sertifikat pendidik guru bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi sebesar gaji inpassing. Memang ada SK Inpassing di Lembaga Negeri. Kalau ini hanya spekulasi berpikir kedepan dan semoga memang bisa menjadi nyata karena di lembaga TK kan sudah seperti itu.

Guru yang lolos Diklat PPG dalam jabatan dan memegang sertifikat pendidik berarti guru itu sudah Sarjana (Akademik), Sudah Lolos Pretes (Tes Kompetensi Dasar) dan sudah bersertifikat pendidik ( ingat tes cpns 2018 sertifikat pendidik dibuat pengganti tes SKB). Dari penarikan kesimpulan diatas bisa jadi untuk menjadi CPNS JALUR GURU harus melewati itu semua. Berarti guru di usulkan menjadi cpns yang sudah memenuhi syarat diatas hehehe ini hanya spekulasi berpikir jangan serius bacanya.

Mau mendapatkan berita khusus guru Instal saja aplikasinya Informasi Seputar Guru sudah ada di playstore dan gak bakalan ketinggalan berita penting guru. Zaman sekarang siapa cepat dia dapat. Assalamualaikum.

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing