Usulan Rekrutmen Guru Hingga 2024

Usulan rekrutmen guru sampai 2024 untuk memastikan sekolah memiliki guru yang cukup dan bermutu. Detail strategi untuk kecukupan guru disekolah negeri dengan cara meyakinkan adanya guru honorer berkualitas untuk mengisi kekurangan, guru honorer kemudian dikonversikan menjadi ASN secara bertahap, melakukan perekrutan ASN untuk menggantikan guru pensiun dan mengisi perkembangan layanan untuk tambahan akses.(Download Materi Kemdikbud)

Dikutip dari gtk.kemdikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, yang membahas soal-soal yang berhubungan dengan guru, guru honorer, yang ditunjuk oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (30/7/2019), di Hotel Bidakara, Jakarta. Rapat koordinasi ini selain dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendy dan Menteri PAN-RB Syafruddin, juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, serta diikuti 542 orang yang hadir di seluruh Indonesia.

Berikut dua agenda yang dibahas dalam rapat kordinasi tersebut, yaitu, pertama mengenai perencanaan ASN tahun 2020-2024, dan kedua, tentang pengadaan ASN tahun 2019. Dalam rakor ini, masing-masing kementerian memberikan penjelasan, yaitu, manajemen kebijakan ASN oleh Menteri PAN- BPR, Reformasi pendidikan berbasis zonasi oleh Mendikbud, dan Penguatan sinergi antar SKPD dalam penyusunan kebutuhan ASN oleh Mendagri. Selain itu, perencanaan kebijakan dan pengadaan ASN tahun 2019 oleh Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, kebijakan tata kelola pendidikan oleh Dirjen GTK Kemendikbud, Kebijakan pengembangan SDM dalam peningkatan dukungan pendidikan oleh Deputi Menko PMK Bidang Pendidikan dan Agama, dan hasil pencarian bantuan CPNS 2018 oleh Kepala BKN.

Pengadaan Guru PNS

Terkait dengan pengangkatan guru PNS, Mendikbud Muhadjir Effendy, seusai rapat koordinasi membahas tentang pengangkatan guru terbagi atas 3 perubahan, yaitu, pertama untuk menuntaskan guru honorer, tiga untuk guru yang akan menerima pensiun, dan untuk bantuan atau untuk guru jumlah sekolah.

Dalam upaya menuntaskan pengangkatan guru honorer, Mendikbud mengembalikan kembali imbauan MenPAN-RB, “Tadi Pak MenPAN juga sudah membahas lagi tentang pengangkatan guru honorer, yang ada ini mau kita selesaikan,” ujar Mendikbud. Selain itu, Muhadjir Effendy juga menerima kembali agar masa depan guru diperpanjang sembari menunggu pengangkatan ASN yang tetap dan penegasannya akan dibuatkan dalam bentuk surat edaran. ”Nanti akan segera kita buatkan edaran, Insya Allah akan ada surat edaran bersama antara aku dengan Mendagri. Untuk itu, nanti jika ada yang masih nekat mereka tentu saja akan kita beri sanksi. Karena guru penerima kan 60 tahun, saya kira jika masih segar bugar masih bisa bertahan sampai 5 tahun, jadi kita beri kesempatan sampai tahun 2024 kami berjanji akan berusaha untuk menuntaskan masalah guru honorer.

Baca juga tentang

Kebutuhan Pegawai ASN Nasional 2019

Usulan Pendayaan Guru Pensiun Sampai Ada Pengganti

Rencana Pengangkataan ASN 2019

Comments

comments

Tempat diskusi/sharing